Rabu, 17 Juni 2009

Siswa Resah, Pengumuman UAN di Bojonegoro Terancam Molor

12 Juni 2009 16:28:00 WIB
Reporter : Abdul Qohar

Bojonegoro (beritajatim.com) – Pengumuman kelulusan Ujian Akhir Nasional (UAN) bagi siswa SMA kelas 3 di Bojonegoro terancam molor. Sebab, sampai saat ini, Dinas Pendidikan Bojonegoro belum menerima hasilnya dari Dinas Pendidikan Jatim. Padahal, jadwal pengumuman kelulusan UAN dilakukan Sabtu (13/6/2009) besok.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Bojonegoro, Zaenudin membenarkan, kalau sampai sekarang pihaknya belum menerima hasil UAN Bojonegoro. Padahal setelah menerima salinan hasil ujian, Dindik Bojonegoro harus mengecek terlebih dahulu sebelum diserahkan kepada masing-masing sekolah.

“Dari provinsi juga belum ada kabar terbaru kapan ujian akhir nasional bakal diumumkan,” kata Zaenudin, Jumat (12/6/2009).

Apakah pengumuman kelulusan molor? Zaenudin belum bisa memastikan. Sebab, pihaknya masih punya waktu hingga tanggal 16 Juni untuk mengkoordinasikan masalah ini. “Kami berharap agar Dinas Pendidikan Jatim segera menyerahkan hasilnya pada kami. Sehingga siswa tidak berharap-harap cemas,” tambah Zainudin.

Sementara pantauan beritajatim.com di beberapa sekolah di Bojonegoro, sejak siang tadi, puluhan siswa kelas 3 di sejumlah SMA Bojonegoro nampak berkumpul di sekolah masing-masing. Mereka terlihat tidak sabar menanti pengumuman kelulusan ujian akhir nasional (UAN) yang bakal diumumkan Sabtu (7/6/2009) besok.

Bahkan, ada beberapa yang sudah hilir mudik mencari bocoran pengumuman, walaupun sebenarnya belum diketahui apakah hasil kelulusan sudah sampai di Bojonegoro atau belum.

Setelah lama tidak mendapatkan apa-apa, para siswa yang berada di sekitar Jl AKBP Suroko, Jl Munginsidi dan Jl Panglima Sudirman, akhirnya membubarkan diri. Sebab, sampai sore ini belum diketahui apakah rencana pengumuman besok akan terlaksana atau terancam molor.

Sejumlah siswa yang ditemui menerangkan, walaupun hasil pengumunan UAN belum didapat, mereka mengaku sudah cukup senang. Sebab, kedatangan mereka bisa menjadi tempat saling berkumpul kembali dengan teman-temannya, setelah lama diliburkan.

“Mau gimana lagi, hasil pengumuman belum didapatkan. Lebih baik ngumpul sama teman saja,” kata Nanang, siswa SMA di Jl Panglima Sudirman dengan sambil tersenyum.

Aksi pra pengumuman tersebut sempat memancing perhatian pihak kepolisian. Bahkan, beberapa petugas sempat berkeliling agar tidak kecolongan.

“Kami sudah meminta beberapa petugas untuk tetap mengawasi sekolah-sekolah jelang pengumuman. Jangan sampai kita kecolongan,” kata Kabag Bina Mitra Polres Bojonegoro, Kompol Kusen Hidayat.

Pihaknya tidak ingin, kelulusan tahun ini diwarnai aksi brutal atau corat-coret dijalan oleh para siswa. Sehingga, bisa menimbulkan kriminalitas atau hal-hal yang tidak diinginkan. (dul/eda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar